Sabtu, 09 Juli 2011

Kerjasama Pembiayaan Budidaya Koro pedang dengan KUR Bank BNI

Menindak lanjuti surat undangan dari Devisi Usaha Kecil PT. Bank BNI tanggal 2 Maret 2011, kepada DPP GERAM, pada tanggal 4 Maret 2011 tim DPP Gerakan Ekonomi Rakyat Mandiri/GERAM yang didampingi Kasubdit Promosi Dalam Negeri, Direktorat Pengembangan Usaha dan Investasi Kementrian Pertanian, Wakil dari Dinas Pertanian THP Kabupaten Semarang dan DPD Masyarakat Agibisnis Agroindustri Provinsi Jambi, mempresentasikan proposal Pembiayaan Budidaya Koro pedang dengan menggunakan faslitas Kredit Usaha Rakyat/KUR dihadapan tim Analist kredit Devisi Usaha Kecil Bank BNI, di ruang rapat kantor pusat Bank BNI.
Pada kesempatan tersebut, juga dibahas menganai tata cara pengajuan KUR yang dikelola Bank BNI untuk dapat dimanfaatkan dalam upaya membantu pengembangan kegiatan budidaya Koro pedang nasional, pihak Bank BNI meminta pada GPP GERAM, untuk bertindak selaku koordinator para pelaku tanam (Poktan, Gapoktan dan Koperasi) yang menjadi mitra tanam Gerakan Ekonomi Rakyat Mandiri.

Sebagai skem kredit yang diarahkan untuk dapat membantu para pengusaha kecil/menengah, termasuk pera pelaku usaha dibidang pertanian, skem KUR juga mewajibakan adanya anggunan kepada penggua fasilitas kredit ini, namun besar anggunan untuk KUR, minimal 30 % (40%) dari nilai kredit yang disetujui, karena pemerintah sudah menyediakan penjaminan sebesar 70% dari nilai kredit yang dislurkan.

Persyaratan lain yang diminta pihak Bank BNI adalah tersedianya Avalis yang bertindak selaku penjamin pembelian hasil panen Koro pedang, sebagai pelengkap jaminan pengembalian kredit yang disalurkan untuk pembiayaan budidaya Koro pedang nasional kepada para petani mitra tanamnya, nilair paket KUR yang ditawarkan Bank BNI adalah Rp 500 juta/paket, dengan masa pinjaman antara 1 sampai dengan 3 tahun.

Selaku kreditor, pihak Bank BNI juga meminta DPP GERAM bertindak sebagai agen pelaksana penyaluran dan pengembalian kredit yang diberikan pada para petani yang menjadi mitra tanamnya, dengan menggunakan fasilitas Standing Instruction yang ada dilingkungan bank BNI.

Kesepakatan kerjasama ini, berlaku untuk pembiayaan budidaya Koro pedang bagi pelaku usaha tanam Koro pedang yang menjadi mitra tanam DPP GERAM diseluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar